Anak Suka Berbohong, Cari Tahu Sebabnya

210
Bagikan via
foto by INT

Anak yang suka berbohong terhadap siapa saja, baik teman, guru maupun kepada kedua orang tua tentu saja membuat risih. Apalagi kita tahu berbohong merupakan perbuatan yang tercela.

Kadangkala orang tua bingung bahkan sampai pusing jika anak-anak mereka keseringan berbohong. Walaupun telah melakukan berbagai cara dan upaya agar anak mereka tidak lagi mengulangi perbuatan sering berbohong, namun tidak ada perubahan.

Lalu, apakah orang tua harus berhenti sampai disitu?

Tentu saja kita tidak boleh pesimis. Sebagai orang tua, sudah menjadi tanggungjawab untuk mendidik anak-anak agar berprilaku yang baik. Seperti yang diungkapkan oleh  Pakar parenting islami, Sabriati Aziz ketika menjadi pembicara pada seminar parenting di di SD Al Bayan, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sabtu (23/12).

Perempuan yang akrab disapa Ummi Aty ini mengatakan, pentingnya pendidikan bagi anak, sebab akan membentuk karakter dan kepribadiannya.

“Ingat bahwa anak-anak akan baik tergantung bagaimana cara kita mendidik dan memberikan contoh. Semua itu dimulai dari lingkungan keluarga di rumah,” jelasnya.

Karena itu, Ummi Aty berpesan kepada orang tua murid agar menjauhi perlakuan buruk terhadap anak. Sebaliknya, ia kembali mengingatkan agar orang tua senantiasa menunjukkan keteladanan yang baik.

“Dampak anak kecil dikasari, mereka akan suka berbohong dan malas seperti itu. Lembut dan tegaslah dengan kondisi pada anak kita,” pesannya. Perhatian dan kepedulian itu, kata Ummi Aty, diharapkan dapat dipertahankan dalam hubungan keluarga.

Ummi Aty menekankan kewajiban orang tua dalam mendidik anak dalam lingkungan keluarga. Pemenuhan hak dasar bagi anak tersebut menjadi tanggung jawab orang tua, tidak hanya terhadap anak tetapi kepada Allah swt.

“Sebagian ulama mengatakan Allah SWT meminta pertanggung jawaban setiap orang tua, tentang anaknya di hari kiamat, sebelum anak itu sendiri meminta pertanggung jawaban orang tuanya,” urainya.

Editor  : Andi Amriani

 

 

Leave a Reply