Rekreasi Alami di Wisata Kebun Kab Gowa

404
Bagikan via
Wisata Kebun Alternatif Wisata Alam

Wisata Kebun, lokasinya berada di wilayah Kabupaten Gowa, tepatnya di Kecamatan Bonto Marannu, jaraknya dari Kota Makassar lumayan jauh. Tetapi tidak menjadi penghalang bagi Anda, untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, memasuki area seluas 2 hektar itu, kita disambut dengan rimbunan pepohonan baik pohon buah maupun sekadar pohon pelindung. Ada pohon mangga, pepaya, jeruk, jambu, durian, rambutan, delima dan juga warna warni bunga kembang kertas (bougenville), adenium, dan jenis lainnya.

Saat musim buah berlangsung, Anda akan disugukan beragam jenis buah yang bisa dipetik secara langsung. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai ajang pembelajaran terutama bagi anak-anak dalam mengenal buah-buahan. Tidak ketinggalan di bagian belakang area ini ditanam beragam jenis sayuran.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sejumlah fasilitas permainan, seperti kolam renang dewasa yang berukuran sekitar 25×10 meter, dalamnya hanya 40 cm-150 cm. Ada juga kolam khusus anak-anak sedalam 30 cm dan dilengkapi atap, sehingga tidak perlu kuwatir kepanasan. Setelah puas berenang, anda bisa membersihkan tubuh dan mandi dengan air bersih. Sebab di sekitar kolam renang, tersedia beberapa toilet dan tempat bilas.

Ada puluhan Gazebo disiapkan untuk Anda yang ingin duduk sejenak menikmati sejuknya udara di bawah pepohonan. Dibawa rimbunnya pohon, selain gazebo disiapkan pula kursi dan meja yang bisa dipakai untuk menyantap bekal yang Anda siapkan dari rumah. Jangan khawatir, jika tidak sempat membawa bekal disini juga disiapkan resto dan kantin.

Selain itu, ada puluhan tempat lesehan yang bisa digunakan untuk menyantap makanan jika mulai lapar usai berenang. Sangat cocok bagi Anda yang membawa puluhan anggota keluarga. Meski demikian, tempat ini banyak digunakan sebagai  tempat lomba menggambar jika ada even-even sekolah.

Anda yang ingin menikmati beragam fasilitas ini harus membayar tiket masuk Rp15 ribu per orang di hari biasa dan dibanderol Rp25 ribu per orang saat akhir pekan dan hari raya. Namun, ada harga spesial untuk anak sekolah setiap kelipatan 20 orang free satu orang guru. Ini juga berlaku pada rombongan sekolah yang mengadakan wisata education serta pengunjung yang berjumlah 30 orang dalam satu rombongan.

Dari hasil perbincangan beberapa waktu lalu dengan Pengelola Sugianto saat saya berkunjung kesana, konon kabarnya tempat wisata yang saat ini mulai ramai dikunjungi, beroperasi sejak tahun 2010.

Awalnya area ini adalah lokasi peternakan. Pasca krisis 1998 pemilik peternakan bangkrut lalu dibelinya, kemudian disulap menjadi kebun.

Sejak saat itu, pengunjung pun mulai berdatangan bahkan didominasi dari luar daerah seperti Maros dan Pangkep. Bukan hanya itu, beberapa wisatawan asing terutama mereka yang berasal dari Amerika, Belanda, dan Australia juga tidak ketinggalan berkunjung ke kebun buah.

Pria asal Blitar Jawa Tengah ini menambahkan, setelah mendapat saran dari beberapa teman dan tingginya permintaan untuk wisata keluarga. Sehingga, iapun iseng-iseng mengusung konsep wisata kebun. “Setelah berbenah ternyata di tahun 2012 pengunjung terus meningkat. Bahkan di tahun 2013 hingga 2015 ini setiap harinya ada 50 orang dan di akhir pekan meningkat hingga 500-an pengunjung,”katanya.

Wahana Bermain di Wisata Kebun Sungguminasa

Wisata kebun di Bontomarannu Kab Gowa menjadi sebuah alternatif wisata di kota Sungguminasa. Betapa tidak, selain memetik buah siap panen atau mengenal jenis sayur-sayuran, anak-anak juga bisa menikmati beragam wahana.

Adapun wahana bermain yang disiapkan antara lain, ATV. Kendaraan mungil ini bisa digunakan mengelilingi kebun di jalur yang sudah disiapkan pengelola. Selain itu, ada scooter, motor charge, toy box, time zone, odong-odong, kereta, dan kemudi putar. Untuk anak yang tertantang dengan ketinggian yang aman bisa menikmati jetz couster atau kereta putar yang tingginya 130 cm saja.

Buat yang ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan budget terbatas, tidak perlu khawatir.  Semua bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau. Cukup menggunakan koin seharga Rp1.000 atau kartu Rp5.000 tergantung jenis mainan yang dipilih. Tidak heran, banyak orang tua yang datang membawa anak-anaknya ke tempat tersebut. Selain dilengkapi wahana untuk anak, suasananya juga adem dan nyaman.

Anda yang berniat menginap, wisata ini juga menyiapkan tempat penginapan maupun aula untuk beragam kegiatan. Untuk aula disediakan aula tertutup, aula besar maupun kecil lengkap dengan fasilitas. Untuk mendapatkan satu kamar dengan fasilitas ala hotel hanya dibanderol Rp500 ribu/malamnya.

Ada Mancing Mania di “Wisata Kebun” Sungguminasa

Merasa bosan menunggu anggota keluarga yang lain sedang berenang atau anak-anak menikmati wahana permainan, beberapa pengunjung memilih memancing. Salah satu keunggulan wisata kebun ini karena di tengah kebun disediakan kolam pemancingan ikan lengkap dengan alatnya.

Anda bisa memancing sambil duduk di pinggiran kolam atau bisa juga dilakukan diatas jembatan penyebarangan yang telah disiapkan sebagai penghubung kolam dengan gazebo yang berada di seberang kolam.

Hal inilah yang dilakukan Sandy. Hari itu dirinya mengaku sedang menunggu istri dan anaknya sedang berenang. “Sebenarnya hobi juga sih memancing, jadi sekalian saja daripada bosan nunggu,” katanya beberapa waktu lalu.

Pria yang mengaku sudah dua kali mengunjungi wisata kebun ini menambahkan, saat memancing memang butuh kesabaran. Pasalnya, terkadang butuh waktu berjam-jam agar kail bisa menangkap ikan. “Butuh kesabaran juga sih, saya bahkan sudah tiga jam duduk disini . padahal alat pancing saya menggunakan katrol yang bisa memudahkan,”jelasnya.

Nah, bagi Anda yang tidak membawa alat pancing jangan kuwatir sebab pengelola telah menyiapkannya. Untuk menyewa satu alat pancing hanya Rp 5 ribu rupiah,  dengan batas waktu sewa dari pagi hingga pukul 17.00 wita.

Puas dengan hasil tangkapan dan ingin menikmatinya secara langsung juga bisa. Ikan hasil pancingan ditimbang terlebih dahulu dan dihargai Rp40 ribu/kg, disediakan juga tungku pembakaran atau tempat memasak dan harus bayar Rp15 ribu/porsi.

Selain kolam pemancingan, disini juga tersedia kolam ikan hias yang dijamin memanjakan mata Anda dengan beragam ikan hias warna warni, disekitar kolam juga disediakan kantin dan toko-toko souvenir khas Gowa yang bisa dibawa pulang. rahma/ani

Leave a Reply