Cucuru’ Bayao yang Menggugah Selera

355
Bagikan via
Kue Khas Bugis Makassar

Berbicara kue tradisonal masing-masing daerah, tidak akan pernah ada habisnya. Semuanya menghadirkan kenikmatan saat dicicipi. Di Sulsel sendiri, kue tradisional menjadi daya bagi setiap pengunjung yang datang. Selain bentuknya yang unik,hampir semua  kue khas bugis Makassar memiliki rasa yang manis.

Kue tradisional seperti cucuru’bayao, biji nangka, barongko, dan kue pelita biasanya disuguhkan saat menyambut tamu dari daerah lain, bahkan dari negara lain. Selain itu, kue tersebut juga menjadi kue khas yang selalu ada di acara pernikahan atau acara resmi lainnya.

Meski resepnya sudah ada sejak dulu tetapi memasuki era modern seperti saat ini, kue-kue ini masih tetap bertahan. Selain bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan, cara membuatnya juga cukup simpel.

Cucu’ru Bayao misalnya, kue yang berbentuk bulat berwarna kuning ini, biasa kita lihat disajikan di acara kawinan atau sunatan. Berbahan dasar gula pasir, kuning telur itik, dan terigu. Cara membuatnya tidak begitu sulit, kuning telur di kocok hingga lembut. Setelah itu sedikit demi sedikit memasukkan terigu, biasanya ada yang menambahkan kenari agar terasa lebih nikmat saat mencicipinya.

Ada cetakan khusus untuk membuat kue ini, bentuknya bulat kecil. Setelah matang baru dikeluarkan dari cetakan, selanjutnya dimasak dengan air gula. *ani*

Leave a Reply