Tujuh Tahun Menunggu, Akhirnya Berhaji Diusia 104

112
Bagikan via

Kisah Baiq Mariah Warga NTB 

 Menginjakkan kaki di tanah suci, memang tidak semudah yang kita bayangkan. Meskipun sudah mendaftar dan membayar biaya haji, tetapi untuk berangkat tidak bisa dipastikan jadwalnya.

Jika belum ada panggilan, ada-ada saja yang menjadi kendala gagalnya seseorang berangkat ke tanah suci. Entah karena sakit atau kendala lainnya.

Nenek Baiq Mariah warga Nusa Tenggara Barat (NTB) sehari- hari bekerja sebagai petani, juga mendambakan untuk malaksanakan rukun islam yang ke lima.

Sehingga untuk mewujudkan mimpinya itu, usaha demi usahapun ia tempuh. Sedikit demi sedikit uang yang didapatkan dari hasil kerjanya sebagai petani pun dikumpulkan dan ditabung untuk berangkat ke Tanah Suci.

Mulai mendaftar tahun 2010, sejak itupula disetiap pergantian tahun ia berharap namanya akan keluar dan berangkat melaksanakan ibadah haji. Tapi, usianya semakin bertambah dari tahun ke tahun, panggilan haji tak kunjung datang. Ia dijadwalkan berangkat tahun 2019.

Semangat menantikan tahun keberangkatan haji seperti yang dijanjikan pemerintah pun membuatnya semakin kuat dan terlihat sehat. Ia selalu terlihat sabar menunggu.

Penambahan kuota haji, merupakan hadiah yang tak terduga buat Baiq. Tahun ini, namanya pun masuk dalam daftar Calon Jamaah Haji. Selama tujuh tahun menunggu, usianya kini 104 tahun dan merupakan jamaah tertua dari Indonesia. *andi amriani

 

 

 

Leave a Reply