Warna Kain Sumber Kreasi Desiner

298
Bagikan via

Untuk menghasilkan produk yang unik, para desainer biasanya mengandalkan model pakaian sebagai titik utama sumber kreasi unik. Namun ada pula bahan kain bahkan warna kain yang menjadi titik fokus desain.

Salah satu butik yang menjadikan warna kain sebagai sumber kreasi produk adalah Putihitam. Sesuai nama butiknya, butik yang berlokasi di Bogor ini hanya menyediakan dua warna saja untuk semua produknya.

Owner Putihitam, Yuanita Sabrina mengungkapkan, pemilihan warna putih hitam sangat pas bagi para muslimah untuk tampil syar’i. Menurutnya, dalam Islam, aturan pakaian tidak boleh memilih warna yang mencolok. “Wanita muslimah kan tidak boleh memakai pakaian yang warna-warni. Akhirnya saya suguhin yang begini, Alhamdulillah responnya bagus,” Ujar wanita yang akrab disapa Yuan ini.

Ditemui di sela-sela penyelenggaraan Indonesia Muslim Fashion Expo di Makassar pada, Yuan mengungkapkan, warna hitam dan putih memiliki banyak kelebihan. Menurutnya, putih tidak hanya bermakna netral. Jika dikaitkan dalam hal berbusana, putih sering menjadi pilihan dalam berbusana kantor. Warna putih membuat si pemakai merasa sejuk dan nyaman. Yang terpenting, putih bisa mewakili dalam dunia fashion.

Semantara hitam, lanjutnya, bukan hanya diartikan gelap atau menyerap cahaya. Namun dalam fashion, hitam berarti stylish. “Hitam menjadi andalan bagi banyak orang terutama bagi yang memiliki badan yang besar karena bisa menyembunyikan sedikit bentuk badan,” ujarnya.

Karena hanya memiliki dua warna untuk dikreasikan menjadi beberapa produk, Yuan mengaku harus berpikir ekstra. “Di brand sendiri, saya harus bekerja ekstra karena hanya memainkan dua warna saja,” tukasnya.

Yuan membeberkan, pemilihan warna putih dan hitam menjadi produknya awalnya didasari oleh hobinya. Ia sangat menyukai warna hitam. Hanya karena warna hitam dianggapnya terlalu maenstream, akhirnya dipilih warna putih untuk disandingkan.

“Sekarang usaha busana muslim banyak. Supaya orang kenal busana saya, saya harus punya ciri. Saya memilih hitam karena itu juga warna favorit saya. Cuma kurang bagus kalau hitam saja karena maenstrim. Maka dipilih warna putih untuk mengkombain,” ungkapnya. *nuril

Wajib Ada di Lemari

Selain warna putih dan hitam sangat cocok untuk menjadi pilihan para wanita muslimah, warna pakaian ini memang wajib ada di lemari. Yuan menuturkan, para muslimah yang akan berniat untuk ke tanah suci harus menyediakan jenis warna pakaian ini. Oleh karenanya, pihaknya menyediakan barang tersebut.

“Warna putih hitam wajib ada di lemari. Orang mau umroh atau haji, harus ada hitam atau putih dan saya memfasilitasi itu,” akunya.

Saat ini, Putihitam menyediakan jilbab, gamis, rok, celana, blus, mukenah, tunik hingga busana pria. Sementra harga yang dipatok berkisar dari harga 100 hingga 250 ribu rupiah. Sementara untuk gamis dipatok mulai dari harga 250 hingga satu juta rupiah.

Sementra untuk pemilihan bahannya. Yuan lebih memilih kain berbahan tanah air, yakni dari bahan katun, serate, koliaster, limun. “Saya kombain dari berbagai bahan Mbak,” tukas wanita berhijab tersebut. *nuril

TIPS MEMILIH BAJU SYAR’I

– Pilih pakaian sesuai yang disyariatkan. Yakni longgar, panjang, bersih
– Cari pakaian yang nyaman dipakai. Yakni ukuran pas di badan tetapi tidak membentuk badan
– Segi warna, pilih yang tdk berlebihan. Yang tidak mencolok agar tidak menarik perhatian.
– Pemilihan bahan. Sesuaikan dengan cuaca. Misalnya jika cuaca panas maka jangan pakai pakaian yang bahannya terlalu tebal.

 

 

 

 

Leave a Reply