Agustus JK Canangkan Imunisasi Meals Rubella di Makassar

23
Bagikan via
Sosialisasi Imunisasi Meales Rubella (MR) bersama guru, kepala sekolah dan sejumlah media di Kota Makassar, kamis,(19/7/18).

Makassar, Imunisasi Meals Rubella (MR) akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia.  Pencanangan imunisasi nasional ini, berpusat di Makassar dan dilaksanakan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Ka.Bid.P2P. dr Hadarati Razak M,Kes, menjelaskan, pentingnya imunisasi tersebut, untuk menyelamatkan dan meningkatkan taraf hidup generasi mendatang.

“Karena itu, kerjasama dari seluruh pihak utamanya yang bersentuhan langsung dengan titik sasaran anak usia 9-15 tahun sangat dibutuhkan,” katanya, dalam acara sosialisasi Imunisasi Meas Rubella, Kamis (19/7/18) di Makassar.

Pencanangan Imunisasi Meales  Rubella (MR) mencegah campak Rubella di titik sasaran usia 9 – 15 tahun , dimana imunisasi in diharapkan bisa menurunkan angka kematian akibat campak Rubella yng mencapai lebih dari  setengan juta anak pertahun di Dunia .

Secara bertahap imunisasi ini di harapkan mampu menyasar anak di usia 9- 15 tahun. Baik yang bersekolah maupun putus sekolah atau bahkan tidak pernah menginjak bangku sekolah..

Pelaksanan  imunisasi serentak ini, akan melibatkan ribuan tenaga kesehatan  diseluruh puskesmas dan lembaga kesehatan. Untuk  memberika edukasi kemasyarakat akan pentingnya imunisasi ini.

Bukan hanya sosialisasi ke tenaga kesehatan, tetapi juga ke pihak sekolah baik guru dan kepala sekolah, juga kepada kelompok masyrakat, hingga ketingkat RT dan RW.

Untuk tingkat sekolah jumlah pos layanan mencapai 1.048 , dengan jumlah sasaran anak sekitar 167.060 orang .

Imunisasi Meales Rubella (MR ) ini, diharapkan mencegah Congenital Rubella syndrom (CRS)  dimana bisa menyebabkan kebocoran jantung, otak yang mengecil, mata rabun atau katarak, serta merusak pendengaran atau Tuli.

 

 

Editor : Andi Amriani