Ada 20 Ribu Sandal Disiapkan Kemenkes untuk Jamaah Haji

15
Bagikan via
jamaah sedang melaksanakan tawaf / foto by INT

Musim haji tidak lama lagi, persiapan dan fasilitas pelayanan jamaah tentunya sudah dipersiapkan oleh pemerintah sejak beberapa bulan yang lalu.

Khusus untuk Kementerian Kesehatan, menyiapkan sedikitnya 20 ribu sandal yang akan dibagikan secara gratis kepada jamaah Indonesia, selama menunaikan ibadah haji di Madina, dan Makkah.

Sandal tentu sangat penting, sebab biasanya jamaah banyak yang kehilangan sandal jika ke masjid, tercecer atau hilang. Nah, agar kaki mereka tidak lecet karena kepanasan, maka disediakan sandal.

Hal ini disampaikan Eka di hadapan 780 peserta pelatihan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1439H/2018M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. “Ini sebagai langkah menghadapi kemungkinan panasnya cuaca di Tanah Suci pada musim haji tahun ini,” ungkap Eka, dilansir dari laman kemenag.go.id, Minggu (27/05).

Selain sandal, tim kesehatan juga akan membagikan payung, masker, dan penyemprot air untuk mengantisipasi cuaca panas.

Untuk itu, lanjut Eka, syarat istitha’ah kesehatan jemaah menjadi sangat penting. Menurutnya, perjalanan ke Tanah Suci cukup jauh dan membutuhkan stamina yang kuat.

Apalagi saat berada di Tanah Suci dimana berkumpul jutaan massa dari seluruh dunia dan ibadah haji sarat dengan aktivitas fisik. Hal ini sangat membutuhkan stamina prima dari jemaah.

 

Penulis : andi amriani

Sumber :kemenag.go.id