Ajarkan Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini

20
Bagikan via
Siswa siswi TK Khalifah/foto by INT

Masa usia dini sendiri merupakan masa keemasan (golden age) bagi perkembangan intelektual seorang manusia. Masa usia dini merupakan fase dasar untuk tumbuhnya kemandirian, belajar untuk berpartisipasi, kreatif, imajinatif dan mampu berinteraksi.

Dalam mendidik seorang anak, maka orang tua harus banyak belajar dan berlatih untuk membentuk kepribadian anak yang baik. Untuk itu dalam menangani anak harus banyak mempelajari cara-cara dalam mendidik anak di usia dini

Pakar parenting Muhammad Fauzi Adhim yang ditemui di Islamic Center Bekasi mengatakan,  bahwa dalam mendididk anak Tauhid atau lebih mengenal Alqur’an, maka anak tersebut harus dididik sedini mungkin untuk lebih mendekatkan Anak pada Tuhannya.

“Orang tua harus menamamkan pada anak sedini mungkin tentang ajaran agama islam, terutama mengenai keyakinan terhadap Allah Ta’ala. Bukannya memahamkan melainkan menamamkan keyakinan bahwa tiada tuhan selain Allah,” katanya, dilansir dari lamanTabloid Islami.

Selain itu anak juga diperlukan didikan orang tua yang baik dan benar dalam membentuk kepribadiannya agar lebih baik. Mengajarkan perkara agama kepada anak dengan cara sama seperti mengajarkan kepada orang selain mereka. Selanjutnya,  memperlihatkan mereka tanda-tanda kebesaran Allah untuk mengaplikasikan isi yang disebutkan di dalam kitab kecil ini.

Lebih lanjut  Ustad Fauzi mengatalan, dalam membentuk anak tauhid di usia dini maka yang perlu di mengerti oleh orang tua adalah meyakini itu bukan memahami, maksudnya target utamanya adalah anak itu bukanlah memahami dengan baik, tapi anak itu harus meyakini apa yang disukainya.

“Saat kita lihat perintah Alqur’an , maka kaidahnya itu bahwa perintah memberikan penjelasan. Untuk itu orang tua jangan hanya memerintah anaknya saja melainkan harus memberikan penjelasan pada anaknya agar lebih mengetahui, memahami, dan meyakini apa yang anak sukai,” terangnya.

 Memotivasi Anak

Dalam mendidik anak tauhid di usia dini maka diperlukan keinginan yang kuat bagi orang tua karena hendaknya orangtua tidak mengandalkan ancaman untuk mendidik buah hati.

Ketimbang mengancam, lebih baik orangtua memotivasi anak dengan mengatakan bahwa kebaikan akan mendapat balasan surga dengan segala kenikmatannya. Itu pulalah yang dicontohkan oleh Rasulullah kepada kita ketika beliau mendidik para sahabat.

“Yang dibutuknan oleh anak bukanlah sosok orang tua yang sempurna, melainkan keinginan kuat dari orang tua yang hanya ingin menjadikan anaknya yang baik, sehingga anak dapat melihatnya secara langsung bahwa orang tuanya menginkan dirinya mennjadi lebih baik,” tuturnya.

Ada hal yang paling penting yang dibutuhkan anak yaitu teladan yang baik untuk menuju kebaikan dan untuk memperbaiki diri.

 

Masa Usia Dini Adalah

  1. Fase dasar tumbuhnya kemandirian,
  2. Belajar untuk berpartisipasi,
  3. Kreatif,
  4. Imajinatif dan
  5. Mampu berinteraksi.

 

Editor : andi amriani

 

Leave a Reply