Dange, Makanan Ringan yang Cocok  Dikonsumsi Pekerja Berat

39
Bagikan via
Dange makanan khas Pangkep/ foto by youtube

Kue tradisional yang satu ini banyak kita jumpai di sepanjang jalan di Kabupaten Pangkep. Jika anda melakukan perjalanan ke kabupaten Pinrang, Barru, Pare-pare dan Sulbar, tentunya mata anda akan di suguhkan dengan jejeran penjual dange.

Kala itu, saya melakuka perjalanan ke Sulawesi Barat, setelah lewat Kabupaten Maros, masuk kota segeri Kabupaten Pangkep. Puluhan rumah-rumah kecil berejer rapi. Di depannya terletak sebuah pembakaran.

Masing-masing pedagang berdiri tepat di depan pembakaran tersebut tangan kanannya sibuk membolak-balik adonan ketan hitam yang telah bercampur gula merah dan kelapa parut, yang telah di tuang dalam cetakan di atas pembakaran.

Saat mampir hendak membeli, aromanya terasa menusuk, nyaris mengacaukan penciumanku. Ya, itulah dange, cemilan khas yang banyak di jual di kabupate pangkep.

Ada dua jenis dange putih dan hitam, semuanya terasa nikmat, bau khas arang yang digunakan untuk membakar tentunya menarik perhatian orang-orang yang lewat.

Dulu katanya, yang laris manis hanya dange putih. Kemudian oleh pedagang dibuat dua jenis yakni dange hitam. Seiring perkembangan zaman, dange pun di rancang se moderen mungkin.

Untuk lebih menarik perhatian pembeli, penjual dange pun membuat variasi terhadap rasa. Ada rasa coklat, original, dan rasa keju.

Adonan dange tergolong sehat dan mengenyangkan. Sehingga bagi pekerja, menjadikan dange sebagai cemilan di pagi hari sebelum mereka berangkat ke kantor.

Penasaran dengan dange ? jika berkunjung ke Sulsel, datanglah ke kabupaten Pangkep untuk membeli dange sebagai oleh-oleh. Sebab di Kota Makassar belum ada yang menjual makanan khas yang terbuat dari ketan ini.

Resep Membuat Dange

Bahan-bahan :

250 gram tepung ketan hitam.
125 gram kelapa parut setengah tua.
75 gram gula merah atau gula aren (sisir halus).
25 gram gula pasir.
1/2 sdt garam halus.
150 ml air matang.

Cara Membuatnya :

Pertama, kukus kelapa parut kurang lebih 20-30 menit.
Selanjutnya siapkan baskom kecil, kemudian campurkan tepung ketan hitam bersama dengan kelapa parut yang telah dikukus tadi, gula merah, gula pasir, garam halus, serta air matang. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.

Setelah itu siapkan cetakan kue pukis, olesi bagian permukaan cetakan dengan menggunakan margarine. Tuangkan adonan kedalam cetakan secara perlahan sambil adonan dipadatkan, lalu panggang adonan hingga matang. Terakhir, sajikan kue dange diatas piring saji.

 

Penulis ; Andi amriani

Resep   :Aurel’s kitchen

Leave a Reply