Disebut Bangsat, Kemenag Ngotot Laporkan Arteria Dahlan

15
Bagikan via
Menteri Agama Lukman Hakim. Foti by web.kemenag

JAKARTA – Ucapan tidak sopan anggota DPR Arteria Dahlan yang ditujukan kepada jajaran Kementerian Agama (Kemenag) berbuntut panjang. Kemenag memastikan akan tetap melaporkan politikus PDIP itu ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) terkait makian bangsa dalam rapat kerja dengan Kejaksaan Agung awal Maret lalu.

Penegasan itu disampaikan Menteri Agama Lukman Saifuddin dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI pada Senin (16/4/2018) malam. Dia menyatakan, secara pribadi, dirinya sudah memaafkan anggota Komisi III tersebut terkait umpatannya. Namun, secara kelembagaan, makian tersebut tidak dapat ditolerir.

“Secara kelembagaan Kemenag kami mengajukan surat ke MKD DPR untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. Kami tahun, DPR memiliki hak imunitas dan berbicara, tapi tidak etis dan ini merupakan institusi,” tegasnya.

Arteria sebelumnya sudah meminta maaf terhadap jajaran Kemenag terkait makiannya dalam rapat kerja dengan Kejaksaan Agung terkait maraknya penipuan biro umrah. Dia menyebut kata bangsat yang ditujukan kepada jajaran Kemenag lantaran mengaku kecewa dengan banyaknya korban penipuan.

“Kalau misalnya kata bangsat itu ada yang tersinggung, saya mohon maaf,” kata Arteria di Gedung DPR.

  1. Dia juga menyatakan pasrah jika dilaporkan ke MKD dan siap memenuhi panggilan. Menurut dia, pelaporan tersebut merupakan hak Kemenag dan siap menanggung risikodan mempertanggungjawabkannya. Menteri