Mau Liburan di Kota, Rasakan Sensasi Wahana Permainan Air di Bugis Waterpark Adventure

25
Bagikan via
wahana permainan anak Bugis Waterpark

Anda yang mungkin punya mimpi berseluncur di pantai indah kapuk atau di taman impian  Jaya Ancol Jakarta,  tidak usah khawatir. Sensasi tempat wisata serupa juga sudah bisa dirasakan di Bugis Waterpark Adventure. Lokasinya berada di Kawasan Perumahan Bukit Baruga, Jl Raya Baruga sektor Mahameru Makassar.

Meski berada di lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, tidak menyurutkan para pelancong dari berbagai daerah hingga turis mancanegara mencoba beragam wahana yang ditawarkan di pusat wisata yang memiliki luas 10 hektar itu.

Namun, tahukah Anda  mengapa diberi nama bugis waterpark?

Dulu ketika berkunjung kesini, dapat informasi dari salah seorang karyawan Bugis Waterpark, nama ini sengaja diambil untuk mengangkat nilai-nilai tradisi salah satu suku di Sulawesi Selatan.

Tempat wisata yang pertama kali diresmikan 29 Mei 2012 ini,  terus menambah wahana dan memperbaiki pelayanan. Bugis Waterpark didesain dan dibangun untuk menjamin kepuasan pengunjung dengan tidak meninggalkan kedekatan dengan alam.

Kendati diberi nama Bugis Water Park namun semua wahana ini didatangkan dari Turki. Turki dipilih karena merupakan salah satu produsen wahana waterboom terbaik di dunia.

Konon kabarnya, semua wahana di bugis waterpark dibangun menggunakan rancangan produsen wahana permainan dari Turki yang sudah terkenal di berbagai negara Eropa, Amerika dan Asia. Bugis Waterpark juga dioperasikan oleh tenaga-tenaga ahli untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Bugis Waterpark merupakan bagian dari bukit baruga, perumahan terbesar dengan konsep alami. Saat masuk area ini Anda akan disuguhkan suasana sejuk dan teduh dengan pepohonan hijau nan rimbun di sepanjang pinggiran jalan.

Di pintu masuk tepatnya di bagian informasi kita akan melihat gedung yang identik dengan ornamen rumah tradisional. Anda yang akan masuk area ini terlebih dahulu harus membeli tiket harganya dibanderol mulai dari  Rp123 ribu perorang.

Hadirkan Beragam Fasilitas

Beragam fasilitas dengan harga eksklusif memang ditawarkan di area ini. Tercatat ada 10 wahana bisa dinikmati dengan catatan tetap memperhatikan aturan main. Pasalnya, untuk menikmati wahana seperti multi slide, black hole, body slide, aquatube hingga free fall ketinggiannya mencapai 150 meter.

Yang terpenting pengunjung harus memiliki keberanian serta tidak memiliki penyakit jantung.

Selain wahana permainan, pengunjung juga tetap menikmati beragam fasilitas lainnya usai berseluncur atau berenang. Antara lain, gazebo yang berada di sepanjang pinggiran kolam. Tempat ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat, jangan khawatir karena disediakan bantal dan matras. Selain itu, ada mushalla, kantin, dan tempat membeli souvenir untuk oleh-oleh.

Kids Pool Favorit Keluarga

Kids Pool yang diberi nama menggunakan bahasa bugis kollang ana’-ana’ atau kolam anak-anak ternyata banyak difavoritkan pengunjung. Terutama mereka yang sedang liburan dengan beberapa anggota keluarga. Irma salah satunya. Pengunjung asal Makassar ini mengatakan, sudah tiga kali mengunjungi bugis waterpark.

“Memang karena keluarga suka permainan air jadi biasanya dua bulan sekali kami mengunjungi wisata air,” ujar Meli  salah seorang pengunjung yang sedang menunggu anak dan suaminya sedang berendam di kids pool.

Mei menambahkan, meski harga sejumlah fasilitas yang ditawarkan bagi kebanyakan orang mungkin dianggap cukup mahal, tetapi baginya cukup sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan.

Sejak diresmikan, Bugis Waterpark memang setiap harinya dipadati pengunjung. Per harinya ada 500 orang bahkan di hari libur mencapai 1000 pengunjung. Bahkan tempat wisata ini pernah mencatat rekor di bulan mei tahun lalu, pengunjungnya mencapai 5000-an orang dalam sehari.

Rata-rata pengunjung berasal dari sekitaran Makassar. Meski demikian, banyak juga pengunjung asal Gorontalo, Maluku, dan Papua. Sedangkan turis asing didominasi asal Rusia.

 Wahana Bugis Waterpark

  • Pipa Wae
  • Matanre
  • Tappasorong
  • Mapettang
  • Mattulili
  • Malippuno
  • Kollang Pesse
  • Kollang To Loppo
  • Wae Massolo
  • Kollang Ana’-Ana’

Aturan Pengguna Kolam Luncur

Sekadar informasi bagi Anda yang akan mengunjungi bugis waterpark dan ingin menikmati wahana kolam luncur.

  • Tinggi badan minimal 135 cm
  • Harus menggunakan pakaian renang dan ban
  • Dialarang meluncur bagi yang punya penyakit jantung dan epilepsi
  • Dilarang menghalangi diujung lintasan luncur serta berendam atau berenang dan meninggalkan benda apapun di kolam

 

Penulis : Andi Amriani