Joging Setiap Hari, Ini Manfaatnya

50
Bagikan via

Ayo…Jogging 

Joging merupakan olahraga yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Studi membuktikan bahwa joging secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 50 persen.

Olahraga ini juga memperkuat sistem jantung dan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, serta membuat kerja jantung lebih efisien. Selain untuk jantung, joging memberikan banyak manfaat bagi organ lain di dalam tubuh, seperti:

1. Paru-paru

Joging adalah salah satu olahraga aerobik yang membutuhkan oksigen. Saat berlari, Anda membutuhkan oksigen sebanyak sepuluh kali lipat dibanding ketika duduk.

Joging secara teratur akan memperkuat dan meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga dapat bekerja lebih baik. Alhasil, Anda dapat melakukan olahraga yang lebih berat dengan lebih mudah.

2. Tulang dan sendi

Tulang akan semakin kuat dengan rutin berlari. Joging juga membuat sendi semakin kuat dan lentur. Anda juga akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoarthritis.

3. Otak

Joging juga baik untuk kesehatan otak. Studi membuktikan bahwa joging membuat neuron atau sel otak yang baru tumbuh. Semakin banyak neuron, semakin baik pula kerja otak dalam belajar.

Kapasitas memori pun turut membaik. Joging secara teratur dapat membuat Anda terhindar dari penyakit Alzheimer yang diawali dengan gejala pikun.

4. Psikologi atau kejiwaan

Ketika joging, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia. Setelah joging, Anda biasanya akan mengalami euforia yang sering disebut sebagai runner’s high akibat kadar endorfin meningkat.

Joging secara teratur juga akan meningkatkan kesehatan kejiwaan. Joging sangat disarankan untuk orang yang mengalami depresi.

5. Sistem kekebalan tubuh

Joging juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih kuat dan dapat manahan infeksi seperti flu. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kekuatan fisik dan produksi sel darah putih setelah joging.

Namun, perlu diingat bahwa olahraga secara berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh untuk sementara waktu.

6. Berat badan

Joging akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika sedang bosan joging mengelilingi taman, Anda bisa menggunakan alat olahraga rumahan. Bodimaxx Running Machine merupakan alat olahraga lari yang cocok digunakan sebagai alat olahraga di rumah.

Alat ini akan membantu Anda untuk meraih bentuk tubuh ideal. Bodima Running Machine dilengkapi dengan roda dan dapat dilipat, sehingga mudah dipindahkan dan disimpan. Jadi, Anda bisa joging di mana saja, bahkan di sela kesibukan kerja.

 

sumber :klikdokter.com