371 Juta Simcard Beredar di Indonesia

33
Bagikan via

Pengguna Sosial Media Meningkat

Makassar – Perkembangan teknologi komunikasi hingga saat ini,  sudah melampaui jumlah penduduk di Indonesia.

Tercatat sebanyak 371 juta simcard beredar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Jumlah tersebut dilihat dengan banyaknya pengguna yang memeliki dua atau lebih simcard.

General Management External Corporate Communication PT Telkomsel Pusat Denny Abidin mengatakan, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia rata-rata naik 51 persen pertahun. Dari pengguna internet ini, sekitar 34 persen diantaranya  merupakan pengguna sosial media.

Di acara  Workshop Public Relations (Kehumasan) yang mengusung tema Menaklukkan dan Mensinergikan Media Massa-Sosial di Era Digital, di Makassar, Denny  mengatakan kondisi tersebut merupakan tantangan profesi humas untuk menjadi humas digital.

Selaku humas digital dituntut mampu menguasai pemaduan peran humas tradisional, juga memadukan hasil penelitian, sosial media dan inti pemasaran.

Sementara itu, Akademisi yang merupakan pakar PR dan Pemasaran dari Universitas Hasanuddin, Makassar Dr Muh Akbar mengatakan, selaku humas harus mampu mengetahui visi misi media yang akan menjadi tempatnya menyosialisasikan program atau produknya.

Akademisi sekaligus praktisi ini lebih mengulas pada kondisi ril di lapangan yang dihadapi humas dan kiat-kiat menembus media.

Sementara Pimpinan Redaksi Harian Fajar Ruslan Ramli, Phd mengajak  sekitar 70 orang peserta workshop melakukan praktik membuat rilis.

“Peranan Humas atau PR di sini harus mampu menjadi mediator antara publik dan pengambil kebijakan yang dihumasinya,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, peranan humas harus baik ke lingkungan internal dan eksternal (media), sehingga peran humas dapat selaras dengan fungsinya sebagai perpanjangan tangan informasi perusahaan atau institusinya. andi amriani