Gubernur Sebarkan Benih Ikan di Pelabuhan Untia

32
Bagikan via

Makassar–Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan gerakan pengawasan dan pemulihan sumber daya ikan. oleh 1.000 masyarakat pengawas perikanan.

Melalui restocking/penyebaran ikan di laut dan perairan umum, yang serentak dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel.

Sementara untuk Kota Makassar, Restocking ini di laksanakan di Pelabuhan Perikanan Untia, yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kamis (12/10/2017).

Gerakan pengawasan dan pemulihan sumber daya ikan oleh 1.000 masyarakat pengawas perikanan, merupakan gerakan 1.000 kebaikan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.

Adapun total benih ikan yang akan disebar di 24 Kabupaten/Kota ini mencapai 2 juta ekor benih ikan.

“Jenis ikan yang disebar yaitu jenis ikan kakap, ikan kerapu, ikan baronang, ikan bandeng, ikan emas dan ikan nila, udang dan kepiting” ujar Sulkaf Latif selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel.

Menurut Sulkaf,  sampai saat ini sudah ada 1.500 pengawas dari masyarakat yang siap mengawasi sumber daya ikan yang akan disebar.

Di tempat yang sama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan kekayaan alam yang ada di negara ini harus di manfaatkan. Supaya makin maju, makin baik, dan modern.

“Lihat saja Cina yang mampu memanfaatkan hasil lautnya. Indonesia juga harus seperti itu, karena negara ini sangat kaya dengan hasil laut yang melimpah. Kita tinggal mengambil ikan di laut,” katanya.

Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah mengatakan, kebutuhan benih ikan saat ini tidak hanya untuk di budidayakan, tetapi juga untuk memperkaya stok ikan di alam.

“Penebaran benih ikan yang dilaksanankan di Pelabuhan Untia ini salah satunya untuk menambah populasi ikan, yang sudah menurun akibat penangkapan,” terangnya. andi amriani