Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga di Jepang

74
Bagikan via

Masa kritis keuangan itu sesungguhnya bukan saat tabungan menipis, tapi justru saat gaji baru saja diterima.

Sepertinya prinsip itulah yang dipegang teguh oleh para ibu rumah tangga di Jepang yang sangat serius dalam mengelola keuangan keluarga.

Dengan gaji karyawan di Jepang yang rata-rata tidak terlalu besar dan biasanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, mereka harus selalu menghitung setiap pengeluaran dengan hati-hati. Mau tahu tips hemat apa yang bisa Anda tiru?

Meski gaji selalu dibayarkan tepat waktu ke rekening, biasanya semua akan langsung ditarik tunai agar lebih mudah untuk dikelola.

 

1. Mengambil uang gaji secara tunai

Selain lebih sulit untuk mengontrol dan melacak pengeluaran yang dilakukan secara debit, saldo minimal juga seringkali membuat perhitungan anggaran jadi kurang akurat.

Uang yang sudah ditarik tunai kemudian dimasukkan ke dalam beberapa amplop terpisah atau money organizer sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk transportasi, pulsa, atau bayar kost.

Untuk menjalankan tips hemat yang satu ini, tiru juga kedisiplinan dan komitmen para ibu rumah tangga di Jepang, ya.

2. Membuat target jumlah tabungan

Untuk pengeluaran dalam jumlah besar di masa depan, seperti liburan atau renovasi rumah, ibu rumah tangga di Jepang biasanya memecah target menabung ke dalam jumlah kecil yang harus dipenuhi setiap minggunya.

Contohnya, untuk biaya renovasi sebesar 1 juta Rupiah, mereka menargetkan untuk menabung setidaknya Rp200.000 setiap minggu agar dana bisa terkumpul dalam waktu lima minggu.

Dengan begitu, menabung jadi tak terasa berat dan bisa terus dilanjutkan untuk target keperluan lain. Wah, tips hemat ini wajib dicoba oleh Anda yang sering sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar.

3. Simpan Uang Koin

Uang koin yang biasanya terbuang atau buru-buru Anda belanjakan karena bikin dompet terasa berat, ternyata jadi harta karun yang disayang oleh para ibu rumah tangga di Jepang.

Mereka tak pernah lupa memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan yang sudah disediakan di rumah. Meski terlihat sepele, Anda pasti akan terkejut dengan jumlah yang bisa didapat dari mengumpulkan uang koin selama setahun.

4. Tak Pernah Lelah Membandingkan Harga

Sebelum membeli barang atau mengeluarkan uang, mereka selalu meluangkan waktu untuk terlebih dahulu membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran.

5. Membuat Daftar Belanja Sebelum ke Supermarket

Tanpa disadari, salah satu hal yang paling sering bikin gaji “bocor” adalah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Tips hemat yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga di Jepang adalah dengan membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket.

Sesampainya di supermarket, mereka segera mengambil semua barang yang diperlukan dan langsung membayar di kasir. Cara ini wajib ditiru, karena saat berkeliling tanpa tujuan di supermarket.

Anda jadi lebih gampang tergiur dengan diskon, promo, atau membeli sesuatu yang sebenarnya tak diperlukan. Akhirnya, gaji jadi cepat habis kan?

 

Sumber : Journal.sociolla.com