BPJS Kesehatan Perluas Layanan ke Anggota TNI

88
Bagikan via

Hampir semua penduduk di Indonesia, menggunakan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dimana layanan tersebut sangat membantu seluruh lapisan masyarakat baik yang miskin maupun mereka yang kaya.

BPJS merupakan badan hukum publik yang dibentuk oleh pemerintah, untuk mewujudkan terlaksananya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditujukan bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Berdiri berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS Pasal 14. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa setiap orang termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enan bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program Jaminan Sosial.

Untuk memperluas cakupan kepesertaan sekaligus sebagai upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat program JKN, tanggal 7 September BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi ke organisasi TNI yang terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara, baik pegawai sipil maupun militer.

“TNI merupakan peserta yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan, peserta yang harus kita edukasi dan update terkait dengan kebijakan terbaru BPJS Kesehatan,” ujar Arief Saefuddin Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS pusat.

Arief juga mengatakan,  sistem pelayanan kesehatan di era JKN mengutamakan optimalisasi FKTP, seperti Puskesmas, klinik pratama, maupun dokter praktek perorangan.

Tentunya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat. Sehingga, FKTP bukan hanya berfungsi sebagai pembuat rujukan semata.

“Melalui mekanisme pelayanan kesehatan berjenjang ini, diharapkan FKTP dapat menjalankan perannya secara signifikan dan komprehensif. Jika dirasa pasien peserta BPJS Kesehatan
perlu penanganan spesialistik, baru dirujuk ke dokter spesialis di FKRTL seperti rumah sakit,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Arief Syaefuddin, BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Termasuk pemberian edukasi guna lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian, kepada kesehatan yang di pandu oleh Yahanes Sunardi.  *andi amriani

Leave a Reply