Mengenang Jasa Pahlawan, Renungan Suci Berlangsung Khidmat

34
Bagikan via
Menyambut Kemerdekaan RI tentunya yang terlintas di benak kita, bagaimana kegigihan para pejuang melawan penjajah.
Dalam pertempuran melawan penjajah, mereka mampu merebut kemerdekaan hanya hanya bermodal bambu runcing. Sementara para penjajah kalah dengan senjata-senjatanya yang canggih.
Keberanian para pahlawan waktu itu kini kita nikmati dengan kemerdekaan.
Untuk mengenang para pahlawan di setiap daerah sejumlah pejabat apel penghormatab dab renungan suci di Taman Makam Pahlawan.
Di Makassar sendiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, juga renungan.
Apel yang digelar pada pukul 00.00 wita atau saat pergantian hari itu berlangsung khidmat meski hanya diterangi puluhan obor dan lampu taman.
Bertindak selaku inspektur upacara, Ketua DPRD Sulsel HM Roem dan bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup) Letkol Czi Dwi Joko dari Danyon Zipur/8 SMG.
Roem mengajak seluruh peserta apel mendoakan para pahlawan atas jasa-jasanya yang telah berjuang memerdekakan Indonesia.
Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, semangat para pejuang bangsa harus  menjadi modal untuk menjaga persatuan bangsa.
Apel dan renungan suci yang selalu dilaksanakan pada malam menjelang peringatan Kemerdekaan RI, merupakan bentuk kehormatan pada para pahlawan yang rela mengobarbankan diri untuk tanah air tercinta.
“Ini salah satu bentuk rasa hormat pada pahlawan. Semangat para pahlawan harus dikibarkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.
Di TMP Panaikang, sebanyak 2.085 pahlawan dimakamkan. Terdiri dari TNI-Polri sebanyak 1711, pegawai negeri sipil (PNS) 71,  pejuang rakyat 284 orang dan pejuang tak dikenal 19 orang.
Renungan suci berlangsung selama 25 menit. Selain dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Latif juga hadir seluruh unsur Forkopimda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Walikota Makassar Danny Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal.* andi amriani