SYL Luncurkan Tefa di SMKN 4

34
Bagikan via

Makassar, timurindonesia.com — Untuk meningkatkan daya saing dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meluncurkan program Teaching Factory (Tefa) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Makassar di Jalan Bandang, Kamis (10/8).

Tefa merupakan laboratorium ritel berupa teaching factory untuk kebutuhan pembelajaran dan keahlian siswa SMKN.

Laboratorium untuk siswa jurusan pemasaran di sekolah tersebut merupakan bantuan dari PT Midi Utama Indonesia, Tbk. Selain sebagai kelas, lab itu juga merupakan sebuah toko.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, Pemprov Sulsel menargetkan bisa mencetak siswa-siswa yang memiliki keterampilan dan keahlian kerja. Karena dengan keahlian yang dimiliki mereka bisa bersaing di dunia kerja.

“Minimal punya keahlian kerja yang memiliki sertifikat,” ungkap Syahrul.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menambahkan, kerjasama dengan perusahaan ritel ini tidak hanya sebatas menyiapkan laboratorium ritel di SMKN 4 Makassar,  tetapi perusahaan itu juga melalukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan Pemprov Sulsel, dalam hal ini Dinas Pendidikan Sulsel. MoU itu berupa perjanjian kerjasama Pemprov Sulsel dengan PT Midi Utama Indonesia untuk mempekerjakan lulusan Tefa di outlet atau jaringam mini market Alfamidi.

“PT Midi akan menyerap semua lulusan dari kelas ini (Tefa),” ungkap lelaki yang akrab disapa None itu. hary