Jalangkote dan Lumpia Lasinrang Makassar

301
Bagikan via

Lasinrang, salah satu nama jalan di Kota Makassar, yang cukup terkenal dengan lumpia dan jalangkote’ nya. Sehingga, masyarakat yang datang dari daerah, ataupun dari provinsi lain, selalu menyempatkan untuk mampir kesana,tidak lengkap rasanya jika balik ke kotanya tanpa mencicipi lumpia dan jalangkote Lasinrang.

Jalan yang tidak jauh dari pusat kota ini, hampir setiap hari dipadati kendaraan pegunjung.Tukang parkir yang bertugas diarea tersebut, bahkan kewalahan mengatur kendaraan yang keluar masuk.
Pasalnya, saat memasuki, gerbang Lasinrang, yang tidak begitu luas. Dari ujung utara, hingga selatan, berjejer toko yang menjual kue-kue khas Makassar seperti Lumpia Sulawesi, Lumpia Lasinrang, Lumpia Pesona dan Otak-otak Ibu Shanny. Masing-masing toko menyajikan kue yang sama. Seperti Jalangkote, Lumpia, Apam Paranggi, dan Otak-otak.
Meskipun letaknya berdekatan, toko kue ini selalu ramai. Terkadang pengunjung yang datang di siang hari selalu antri. Sebab banyak pegawai kantoran ke tempat itu, menikmati lumpia dan jalangkote secara rombongan. Sementara kursi-kursi yang tersedia cuma sedikit. Kendati demikian, pengunjung tetap setia menunggu antrian.
Bukan hanya itu, Jl. Lasirinrang juga sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan, baik yang datang dari nusantara maupun dari mancanegara. Anehnya,cemilan khas Kota Daeng ini, selalu cocok dan pas di lidah pendatang. Tidak heran, mereka tidak mau ketinggalan menenteng dos berisikan lumpia dan jalangkote untuk di bawah pulang.
Karyawan yang bekerja di tokok oleh-oleh ini juga mengerti betul keinginan pengunjung. Jika mereka membeli untuk di bawah pulang, dalam perjalanan jauh, gorengannya tidak sampai matang. Atau menawarkan yang masih mentah. Seperti apa sih, rasanya Lumpia, dan bagaimana proses pembuatannya, sehingga makanan yang satu ini, selalu mengundang selera untuk mencicipinya ?
Lumpia, sebenrnya merupakan salah satu makanan khas kota Semarang, Jawa Tengah. Kendati begitu lumpia Makassar memiliki keunikan tersendiri. Sebab, bahan dasar yang digunakan adalah bengkuang, bukan rebung. Sehingga, aromanya tidak terlalu menyengat. Rasanya cukup renyah dan lezat karena berisi irisan wortel dan daging ayam. Sangat cocok bila dipadukan dengan sambal. Ini akan menghasilkan citarasa yang sangat khas.
“Biasanya lumpia menggunakan isian rebung. Sehingga aroma rebungnya akan menyengat. Tetapi, kalau khas Makassar menggunakan bengkuang. Sehingga rasanya juga berbeda, yang jelas tidak menimbulkan bau yang akan mengganggu selera makan Anda,” ujar Linda, salah satu pembuat lumpia di toko lumpia Sulawesi, Jalan Lasinrang, Senin (25/5).
Ditempat yang sama, Eta juga membenarkan hal ini. Ia menambahkan tidak heran, lumpia khas Makassar selalu dicari wisatawan. Terutama mereka yang berasal dari Surabaya dan Manado. Bahkan, wisatawan asal Singapura juga suka memesan lumpia yang khas dengan kulitnya yang gurih itu.
Harganya juga relatif murah, sekitar Rp 6000-an per biji dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, daya tahannya bisa sampai seminggu. Apalagi kalau disimpan di kulkas.
Diketahui kulit lumpia ada dua jenis. Anda yang suka lumpia dengan rasa kriuk atau renyah di mulut bisa memilih lumpia kering yang sudah digoreng. Atau jika Anda ingin merasakan kekenyalan kulit lumpia bisa memilih yang basah.
Anda yang ingin mencoba membuat kulit lumpia di rumah disarankan gunakan putih telur saja agar kulit lumpia bisa putih bersih dan tidak kekuningan. Untuk bahan-bahan dasarnya cukup siapkan tepung terigu, air, putih telur, minyak goreng, dan garam. Lebih baik gunakan wish (alat untuk mengocok adonan tepung), agar adonan kulit mudah tercampur, kuning telurnya bisa dibuat vla atau untuk isi Lumpia.
Disarankan juga untuk menggunakan wajan dadar anti lengket, untuk menggoreng, jangan pakai alat yang tajam . Lebih baik gunakan sendok kayu. Tetesi wajan dadar dengan sedikit minyak, lalu dadar kulit lumpia menggunakan sendok agar dadaran bulat dan licin.
Untuk dadaran kedua dan seterusnya tidak usah memakai minyak karena tak lengket lagi, usahakan tiap wajan sekali tuang langsung satu sendok makan. Maksudnya agar tidak pecah atau kulit menyambung. Masukkan kulit lumpia basah dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan dalam dalam lemari es. *ana*