Hilangkan Stress, Cicipi Coklat Khas Lutra

41
Bagikan via

Produk khas Luwu Utara ini, diolah dari biji kakao fermentasi dan beraroma khas kakao Lutra, mulai dari tanaman kakao sampai akhir produk coklat.

Produk ini merupakan hasil pengembangan dan uji coba oleh beberapa produsen lokal di wilayah Luwu, serta mendapatkan bimbingan dan pelatihan formula atau komposisi dari beberapa pihak antara lain Jepang, Srilanka, dan Sulsel, Kadinda Sulsel, BBIHP kementerian prindustrian RI dan bermitra dengan Veco Indonesia.

Setelah mengkonsumsi cukup coklat, kita akan merasa lebih tenang, nyaman dan dapat mengurangi stres. Kualitas coklat premium mengandung lebih banyak cocoa liqour atau sari biji kakao yang berbentuk pasta (cairan berwarna coklat pekat).

Hal menarik lainnya yang dapat dilihat yakni beberapa produk yang punya nilai tambah, hasil dari produksi petani tersebut. Terutama untuk petani kakao di Sulawesi. Sudah umum di kalangan petani kakao, bahwa selama ini mereka hanya memproduksi kakao saja.

Tetapi sebaliknya malah tidak pernah mengkonsumsi coklatnya. Coklat bagi mereka sudah seperti produk ekslusig yang mahal. Sekarang petani dapat menikmati hasil produksinya dengan harga yang terjangkau dan dapat ditukar dengan biji kakao. @andi amriani