Es Pisang Ijo yang Menyegarkan

31
Bagikan via
es pisang ijo- suguhan kuliner menyegarkan ala pisang ijo Makassar

Pisang Ijo juga kue khas Makassar yang cukup terkenal, karena bentuknya unik dan rasanya yang nikmat. Tidak heran jika banyak yang penasaran ingin mencobanya, bahkan ada juga yang datang dari jauh hanya untuk belajar membuat Pisang Ijo.

Waouw… luar biasa bukan. Belajar membuat Pisang Ijo, lalu praktek sendiri di rumah. Membuatnya tidak begitu sulit bahannya pun murah dan mudah didapat. Hanya berbahan dasar pisang raja yang sudah masak, kemudian di kukus sampai matang. Setelah itu, kulitnya dikupas.
Untuk kulit Pisang Ijo, biasanya saya menggunakn terigu yang sudah diberi pewarna hijau, biasa juga ada yang menggunakan daun pandan sehingga terasa harum.

Untuk membuat kulit Pisang Ijo, juga tidak susah. Hanya saja, banyak yang membuat dengan cara dadar dan ada juga yang membuatnya dengan cara menyiram terigu dengan air hangat, kemudian memberikan 250 gram mentega, terigu diaduk sampai merata takarannya tidak terlalu keras dan jangan juga Untuk satu sisir pisang biasanya saya menggunakan 1 kg terigu. Nah, selanjutnya membungkus pisang dengan terigu.

Setelah semua pisang terbungkus, biasanya saya langsung mengkukusnya. Sambil membuat sausnya. Untuk sausnya sendiri, sediakan satu biji kelapa yang sudah d kupas, di parut dan di peras santannya. Kalau mau menambahkan daun pandan, dua lembar di blender dengan air 100ml. Kemudian dimasukkan kedalam santan, yang sudah dicampur 80 gram gula pasir. Lalu dimasak, masukkan sedikit terigu supaya sausnya kental.

Setelah semuanya masak, sajikan dengan mencampur sirup DHT dan es batu. Waouw,,,,Pisang Ijo bisa menyegarkan tenggorokan. Selain itu juga mendatangkan penghasilan, bisnis Pisang Ijo untungnya besar loh. Sebiji harganya Rp10.000, bahkan ada yang menjualnya Rp.15.000, harga itu untuk kawasan Sulsel dan Makassar.

Jika Anda berkunjung ke daerah lain, ke Jakarta misalnya, Pisang Ijo dijual seharga Rp.27.000 bahkan sampai Rp.30.000 perbiji. *aniek*